Cari Artikel...

Pertolongan Pertama Saat Serangan Jantung


Pertolongan Pertama Saat Serangan Jantung - DeoShare.blogspot.com

Penyakit jantung bisa menyerang siapapun. Tak mengenal usia, dan bahkan dapat menyerang seseorang yang sebelumnya tidak diprediksi memiliki riwayat penyakit jantung. Apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh saat serangan jantung datang, banyak yang tidak kita sadari. 

Arteri yang membawa aliran darah dari jantung bisa pecah pada titik tertentu dan mengalami kebocoran. Hal tersebut yang menyebabkan pembekuan darah di jantung. Jika hal tersebut terjadi, beberapa bagian otot akan kekurangan oksigen dan menyebabkan otot-otot jantung tidak berfungsi atau mati. Dikutip Boldsky, kondisi ini yang disebut sebagai serangan jantung. 

Butuh tindakan cepat untuk menghindari akibat fatal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, seorang pasien yang dibawa ke rumah sakit dalam beberapa jam setelah mengalami serangan jantung, tetap dapat bertahan hidup. Berikut antisipasi lainnya:  

Kenali tanda serangan 

Mengenal tanda-tanda serangan jantung merupakan hal yang terpenting. Tidak hanya rasa nyeri di bagian dada, serangan jantung juga ditandai dengan keringat berlebih, pusing, dan rasa tidak nyaman.

Bertindak cepat

Saat menyadari bahwa Anda mengalami serangan jantung atau hanya dugaan. Bertindak dengan cepat. Anda mungkin akan kehilangan kesadaran pada titik waktu tertentu. Jadi saat tanda-tanda serangan jantung muncul, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi layanan darurat medis. Jika Anda berada di tempat umum, jangan segan meminta tolong.

Gunakan aspirin

Aspirin dapat membantu mengencerkan darah dan melarutkan bekuan darah. Jadi, saat mengalami tanda-tanda serangan jantung, mengunyah atau melarutkan aspirin dalam segelas air dan meminumnya sangat membantu memulihkan kondisi Anda. 

Kurangi kegiatan

Anda harus mulai berhenti atau mengurangi aktivitas saat mengalami serangan jantung. Otot-otot jantung melemah sehingga Anda sulit bernapas. Akibatnya, kegiatan apapun hanya akan membuat Anda lelah dan memperparah keadaan. Sebaiknya, diam dan manfaatkan waktu untuk beristirahat hingga bantuan medis datang.

Pergi ke rumah sakit segera

Berbagai cara yang disebutkan di atas hanyalah pertolongan pertama hingga Anda mendapatkan bantuan medis. Anda harus menghubungi ambulans secepatnya atau meminta bantuan orang-orang terdekat untuk membawa Anda ke rumah sakit guna mendapat pertolongan lanjutan. 

0 comments:

Post a Comment

Follow me !